Saturday 7 March 2009

Meaningful English text ( Bahasa Inggris Bermakna )


Bahasa Inggris Bermakna

Wacana

Wacana adalah wujud simbolik yang menghubungkan pesan penulis dan pengertian pembaca. Eksistensi wacana ditengah-tengah perkembangan ilmu pengetahuan memegang peranan sangat penting. Wacana yang dibaca sangat membantu pembaca untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi dilingkungan terdekatnya.

Wacana dalam bahasa inggris seringkali hanya sebatas informasi pasif, artinya siswa membaca tanpa bermakna. Fakta ini paling sering mencuat ke permukaan, dimana siswa belum atau tidak tahu dengan apa makna bacaan yang sedang mereka hadapi. Semua ini terjadi karena banyaknya kosa kata sulit yang terdapat di wacana itu tidak dimengerti. Terlebih lagi kalau mereka diminta mencoba membaca. Akankah masalah ini kita biarkan terjadi? Sebagai guru yang mengemban amanat pendidikan Nasional akan segera bersikap, mencari, menemukan dan memberikan hasil terbaik untuk siswanya. Berikut lebih rinci kiprah guru dalam menangani permasalahan siswa.

Masalah dan Pemecahan

1. Masalah

a. Jenis dan tingkat kesukaran bahasa dalam wacana tidak diabaikan

b. Jumlah kata dalam wacana tidak diperhitungkan guru.

c. Cara penyajian yang tidak transparan.

d. Suasana kelas yang tidak kondusif

e. Komunikasi satu arah wujud ego sentris guru

2. Pemecahan masalah

a. Jenis dan tingkat kesukaran bahasa dalam wacana merupakan masalah yang sangat menentukan berhasil atau tidak seorang siswa belajar.

b. Jumlah kata dalam wacana harus diperhitungkan oleh guru, agar siswa dapat menyesuaikaan diri dengan baik.

c. Cara penyajian yang tepat dan akurat, artinya sesuai dengan tujuan pembelajaran

d. Suasana kelas yang kondusif harus tetap dipertahankan

e. Komunikasi dua arah hendaaknya tercipta.

Dari uraian di atas maka ada trik jitu yang harus di miliki seorang pendidik,yaitu diagnosa / mengidentifikasi sumber masalah dan menindaklanjuti permasalahan Berdasarkan hasil survey di kelas, cara yang efektif membimbing siswa memahami wacana adalah pertama, menyeleksi wacana yang akan diberikan. Kedua guru mempraktekan cara membaca kata perkata dalam konteks dan selanjutnya guru meminta pada siswa mencoba mempraktekkan. Singkatnya guru harus menjadi “ Top Model “ .

Menurut vineyard,etal ( 1957 ) dan Davis ( 1944 ) mengjelaskan untuk memahami wacana dengan informasi yang akurat, siswa harus mampu menginterpretasikan makna kata yang ditulis oleh penulis.

No comments: